TRI HANDAYANI

GURU SDN SUKAPURA 1 KOTA CIREBON, MENULIS 5 ANTOLOGI KUMCER & ARTIKEL, JUARA 2 LOMBA BEST PRACTISE HUT PGRI TINGKAT KOTA CIREBON,...

Selengkapnya
Navigasi Web
Peran Orang Tua Dalam Mengasuh Anak

Peran Orang Tua Dalam Mengasuh Anak

# tantangan ke-57

Rumah adalah madrasah pertama bagi anak-anak kita. Dalam rumah ada orang tua. Orang tua adalah pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anak kita. Karena orang tua, orang yang pertama berinteraksi dengan anak-anak anak. Menjalin hubungan yang kuat dan yang memiliki ikatan hubungan emosional yang erat.

Anak menghabiskan waktunya bersama keluarga. Tidak ada orang tua yang menginginkan anaknya tidak sukses. Orang tua di manapun menginginkan anaknya menjadi anak yang sukses, menjadi anak yang berhasil, anak yang soleh dan soleha. Anak-anaknya dapat bermanfaat bagi orang lain.Orang tua sangat ikhlas melakukan apapun untuk kebaikan anak-anaknya. Orang tua rela berkorban demi anak-anaknya. Ada istilah " Kasih ibu sepanjang masa" , kasih anak sepanjang galah.

Lalu bagaimana agar kita sebagai orang tua bijak dalam membimbing anak.

Kata bijak dalam membimbing anak :

Saya telah menemukan cara terbaik memberikan nasihat pada anak Anda yaitu dengan menemukan apa yang mereka inginkan dan kemudian memberikan nasihat kepada mereka untuk melakukannya.” – Harry S. Truman

Orang tua dalam mendidik anak yaitu tidak boleh dengan kekerasan, karena ingin anak disiplin, orang tua sangat keras, anak tidak disiplin akan mendapat hukuman, bahkan dengan kekerasan fisik. Hal ini tidak boleh di lakukan, yang terbaik adalah anak - anak apabila tidak disiplin atau melakukan

kesalahan beri teguran namun dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Anak- anak biasakan disiplin sejak anak - anak masih kecil, dengan biasa disiplin sampai besar pun akan terbawa disiplin.

Anak-anak juga biasakan untuk bertanggung jawab, misal anak balita apabila habis mainan beri pengertian untuk mengembalikan pada tempatnya. Karena kebiasaan yang anak lakukan akan berpengaruh saat besar nanti.

Apabila anak kita mendapatkan suatu prestasi, mendapatkan hal yang baik jangan sungkan untuk memberikan rewards. Rewards itu berupa pujian ataupun sekali - kali membelikan benda yang anak sukai. Anak akan merasa senang, merasa di hargai dan anak akan berusaha untuk berbuat baik, baik dan baik.

Quality time, sangat penting dan sangat di butuhkan oleh anak, kita sebagai orang tua sempatkan waktu untuk anak. Akan akan merasa nyaman, senang dan bahagia karena mereka di dampingi oleh kedua orangtuanya. Dengan demikian anak akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Semoga kita bisa menjadi orang tua yang bijak dalam membimbing anak-anak kita. Kelak anak-anak kita akan patuh dan berguna bagi agama, nusa dan bangsa.

Salam literasi

Cirebon, 050420

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post